Manfaat Pohon jarak Untuk Kesehatan

Manfaat Pohon jarak Untuk Kesehatan
======================================




Apakah Anda pernah mengetahui mengenai manfaat pohon jarak? Manfaat pohon jarak yang telah tersohor bahkan membuat pohon ini menjadi rebutan para penjajah. Pada jaman penjajahan Jepang, pohon jarak merupakan salah satu tanaman yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan wajib di tanam untuk pagar pekarangan rumah dikarenakan bijinya dapat digunakan untuk bahan bakar minyak (BBM).


Jenis-jenis pohon jarak

Tanaman yang konon berasal dari Amerika Selatan ini memiliki beberapa macam jenis. Diantara beberapa jenis tersebut, setidaknya ada empat jenis pohon jarak yang dibudidayakan di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

    Jarak Pagar

Jarak Pagar (Jathropa Curpas L.) merupakan salah satu jenis jarak yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pohon jarak ini dapat digunakan untuk membuat bahan bakar alternatif. Pohon jarak ini memiliki ciri pohon yang kokoh dengan batang kayu yang bulat dan banyak getah. Selain itu, daunya juga berbentuk tunggal, lebar, menjari dan berlekuk kira-kira sebanyak 3-5 buah. Terkadang pun, terdapat bunga hermaprodit yang berwarna kekuningan. Buahnya pun berbentuk bulat halus, tidak berbulu hampir mirip buah jambu. Pada waktu muda, buah jarak ini berwarna hijau kemudian berangsur-angsur berwarna kuning kecoklatan ketika telah tua.

2. Jarak kepyar

Berbeda dengan jarak pagar, jarak kepyar (Riccius communis Linn) justru penampakannya hampir mirip dengan pohon singkong dari sii batang, bunga hinga daunnya. Sedangkan buah jarak kepyar ini hampir sama penampakannya dengan buah rambutan namun dengan ukuran yang lebih kecil.

3. Jarak Bali

Jarak Bali (Jatropha Podagrica Hook) sering pula disebut dengan jarak hias karena jarak jenis ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Ciri-ciri jarak jenis ini adalah adanya pangkal yang menyerupai umbi dengan buah yang berbentuk elips dan berwarna oranye.

Komentar